Selasa, 21 Mei 2013

Ciri-ciri makhluk hidup


Untuk memahami makhluk hidup dan makhluk tak hidup dapat diketahui dari ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri umum yang dimiliki oleh makhluk hidup disebut ciri-ciri kehidupan atau gejala hidup. Berikut ini adalah salah satu contoh ciri-ciri makhluk hidup:

Putri malu ketika disentuh akan mengatupkan daunnya

Ciri-ciri makhluk hidup antara lain:
a.       Bernafas
Bernapas berarti mengambil atau menghirup oksigen dari udara. Oksigen digunakan oleh tubuh untuk membakar zat makanan sehingga menghasilkan energi. Penggunaan oksigen di dalam tubuh disebut oksidasi biologis. Energi yang dihasilkan digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan hidup.
b.      Bergerak
Bergerak artinya berpindah tempat. Semua makhluk hidup dapat bergerak dengan cara lain berbeda-beda. Untuk tumbuhan, gerak yang dilakukan tidak berpindah tempat, tetapi adanya peristiwa tumbuh. Contohnya gerak tunas ke arah datangnya sinar matahari.
c.       Menerima dan menanggapi rangsang
Sentuhan merupakan salah satu rangsang yang diterima tumbuhan, sedangkan gerak menutup dan membuka kembali merupakan tanggapan dari tumbuhan. Oleh karena itu, tumbuhan dapat menerima dan menanggapi rangsang. Contohnya tumbuhan putri malu dapat menutup dan membuka kembali apabila daunnya disentuh.
d.      Tumbuh dan berkembang
Pertumbuhan adalah proses perubahan ukuran dan jumlah sel pada organisme. Berkembang adalah munculnya fungsi-fungsi organ dalam tubuh selama kehidupan organisme. Contohnya pada pada katak.
e.       Berkembang biak
Berkembang biak adalah proses menghasilkan keturunan. Tanpa berkembang biak, organisme akan punah.
f.       Memerlukan air dan makanan
Referensi: Takari, Enjah, dkk. 2009. Buku Sekolah Elektronik: IPA: SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar