Selasa, 21 Mei 2013

Energi

Pelari
Pelari pada gambar di atas dapat berlari karena memiliki energi. Tanpa adanya energi pelari tersebut tidak akan sanggup untuk berlari, bahkan tanpa energi tidak akan ada kehidupan. Tidak akan ada cahaya, panas, atau bunyi lirih sekalipun. Energi dapat kita peroleh dari sumber-sumber energi yang ada di sekitar kita. Sumber energi yang diperlukan oleh pelari untuk berlari berasal dari bahan makanan yang dimakan. Selain makanan, masih ada banyak sumber energi lainnya, misalnya matahari, listrik, dan bahan bakar minyak bumi.

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Dalam kehidupan sehari-hari, energi sering kita sebut sebagai tenaga. Satuan SI untuk energi adalah joule (J). Satu joule setara dengan 1 newtonmeter (Nm). Selain joule, masih ada satuan energi lain yang sering kita gunakan, di antaranya erg dan kalori. Energi yang dimiliki suatu benda jika digunakan terus-menerus, lambat laun akan habis. Oleh karena itu, kita harus memberikan tambahan energi, misalnya dengan makan secara teratur atau mengganti baterai lampu senter.

Referensi: 

Krisno, Agus, dkk. 2008. Buku Sekolah Elektronik: Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar