Selasa, 21 Mei 2013

Bahan Pewarna Alami dan Buatan

       Makanan dibawah ini menarik bukan ?

Putu Ayu


Makanan tersebut telah ditambah bahan pewarna. Bahan pewarna merupakan bahan alami ataupun bahan kimia yang ditambahkan ke dalam makanan. Penambahan bahan pewarna pada makanan bertujuan untuk memberi penampilan tertentu atau warna yang menarik. Warna yang menarik dapat menjadikan makanan lebih mengundang selera.
 

Bahan pewarna dibagi menjadi dua yaitu pewarna alami dan buatan. Pewarna alami merupakan bahan pewarna yang bahan-bahannya banyak diambil dari tumbuh-tumbuhan. Bahan pewarna alami lain yang juga sering digunakan, antara lain seperti berikut :

             - Daun pandan dan daun suji untuk menghasilkan warna hijau.
b           - Gula merah dan karamel untuk menghasilkan warna cokelat.
c           - Cabai, tomat, dan paprika untuk menghasilkan warna merah.

Pewarna alami lebih aman dikonsumsi tetapi macamnya terbatas, dan sulit untuk memperolehnya dalam jumlah besar sehingga industri makanan lebih senang menggunakan pewarna sintetis.

Permen dengan pewarna buatan

Pewarna buatan yang masih diperbolehkan untuk dipakai yaitu amarant (pewarna merah), tartrazine (pewarna kuning), erythrosine (pewarna merah), fast green FCF (pewarna hijau), sunset yellow (pewarna kuning), dan brilliant blue (pewarna biru).

Referensi:

Krisno, Agus, dkk. 2008. Buku Sekolah Elektronik: Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wasis dan Yuli, Sugeng. 2008. Buku Sekolah Elektronik:  Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar